Sabtu, 21 April 2012

Materi jaringan komputer ke_2


SILABUS 

JARINGAN KOMPUTER A 
 1. Terminologi dan lingkup
 2. Teori Komunikasi data
 3. Komponen dalam komunikasi data
 4. Error detection dan correction dalam komunikasi data
 5. Tipologi dan perangkat transmisi data
6. Klasifikasi jaringan Komputer
7. Latihan Mendesain Jaringan Komputer sederhana

JARINGAN KOMPUTER B
1. Instalasi Perangkat keras dan perangkat lunak penyusun jaringan
2. Perkembangan teknologi
3. Keamanan sistem

TUJUAN MATAKULIAH JARINGAN KOMPUTER
• Komunikasi data memegang peranan penting dalam system informasi modern.
• Tujuan perkuliahan ini adalah membuat mahasiswa mengenal dengan baik teknologi yang melandasi komunikasi data dan bagaimana menggunakannya dalam :
– Mendesain
– Mengimplementasikan
– Mengoperasikan
– Me-manage jaringan enterprise

TERMINOLOGI DAN LINGKUP 
- Terdiri dari device komputasi media transmisi (channel komunikasi ) untuk mentrasnmisikan sinyal data dan kontrol, komunikasi elektronik untuk routing/switching data dari sumber (source) ke tujuannya (destination) dan termasuk perangkat lunak yang digunakannya.
- Jaringan dapat melingkupi jaringan kecil sampai jaringan besar yang dipisahkan secara geografis (LAN, MAN, WAN).

Maka Jaringan Komputer disebut juga :
�� Kumpulan perangkat keras transmisi dan fasilitas infrastrukturnya, terminal yang terhubung pada fasilitas-fasilitas tersebut dan sekumpulan protocol komunikasi peralatan tersebut..
�� Komunikasi yang dilakukan mestilah dapat dilakukan :
– Reliabel
– Efisien
– Bebas kesalahan (Error-free).

SIFAT JARINGAN KOMPUTER : 
1. Dapat menghubungkan semua yang terhubung di dalamnya. (Any-to-Any Communication System)
2. Setiap station (end node) memiliki alamat jaringan unik, untuk dapat terhubung dibutuhkan pengetahuan alamat yang dituju, seperti nomor telepon.

BLOK PENYUSUN JARINGAN KOMPUTER : 


1. TERMINAL DAN WORKSTATION
• Device ini sebagai sumber data (source) maupun tujuan data (destination) dalam network.
• Contoh : – Personal computer – Terminal – Workstation – Komputer – Point of sale cash registers – Automatic teller machines

2. MEDIA TRANSMISI
Bagian ini mentransmisikan sinyal elektronik maupun sinyal cahaya melalui media yang berbeda-beda. Terdiri dari 2 macam, yaitu :
1. Bounded Media : 
�� Twisted pair wire
�� Co-axial cable
�� Fiber optic cables
�� Wave guides
2. Unbounded Media :
�� AM and FM radio
�� TV broadcasting
�� Satellite communication
�� Microwave radio
�� Infrared signals

3. NETWORK ELECTRONICS
Device Network electronic melayani berbagai macam fungsi termasuk proses routing atau switching data dari source ke destination atau untuk menyediakan interface antara media transmisi yang berbeda atau protocol komunikasi yang berbeda.
- Bridges
- Concentrators
- Routers
- Front End Processors
- Private Branch
- Switches Exchange (PBX)
- Hubs
- Multiplexers
- Gateways

4. PERANGKAT LUNAK
• Perangkat lunak adalah bentuk nyata penerapan teknik implementasi end node pada protokol yang mendefinisikan aturan, prosedur untuk inisiasi dan meletakkan data pada terminal untuk siap ditansfer, menginterpretasikan bagaimana data direpresentasikan dan saat ditransmisikan dan bagaimana suatu kesalahan (error) ditangani
• Perangkat lunak pada network electronics biasanya berfungsi khusus untuk memastikan data ditransmisikan dari source ke destination.

5. STANDAR ARSITEKTUR JARINGAN
• Interface: titik interaksi antara dua device, misalnya printer dan PC.
• Standar Interkoneksi : spesifikasi metode interfacing dua device, membuat vendor tidak memerlukan pengetahuan yang dalam mengenai peralatan jaringan lain jika dihubungkan dengan peralatannya, selama dalam frame yang telah ditentukan.
• Arsitektur: blueprint dari standar jaringan yang terdiri dari pemilihan media, media interface, metode encoding data, protokol transmisi, protocol routing, dsb.
• Dibutuhkan untuk memastikan interoperabilitas antara berbagai jenis device dan peralatan yang dibuat oleh berbagai vendor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar